10/31/2013

MARKETING DAY OKTOBER 2013

MARKETING DAY SEBAGAI PROGRAM PEMBEKALAN SKILL KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SDN CILANDAK BARAT 03 DAN 14
AYO IKUTI DAN MERIAHKAN
MENATA DAGANGAN
Perkembangan zaman yang menyebabkan pergeseran sistem sosial menuntut setiap orang mempunyai kemampuan yang multi-bidang. Bidang ekonomi memiliki pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan bidang yang lain. Kemapanan seseorang selalu didukung oleh kemapanan ekonomi. Bahkan maju atau tidaknya suatu negara juga dilihat dari kemajuan ekonominya.

Setiap pribadi harus mempunyai kemampuan kewirausahaan untuk mendukung kemampuan ekonominya. Skill kewirausahaan yang menjadi pokok berkembangnya ekonomi harus ditanamkan sejak dini. Anak yang berusia 7-11 tahun memiliki karakteristik masih berpikir konkret, mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, serta selalu berkeinginan untuk berkumpul dan berkelompok dengan situasi yang lebih demokratis. Karakter anak usia sekolah dasar ini perlu untuk dimanfaatkan dan difasilitasi agar proses belajar mereka lebih bermakna.


Pendidikan SDN Cilandak Barat 03 dan 14 Pagi harus terintegrasi dengan kemampuan kecakapan hidupnya. Dalam bidang ekonomi, siswa SDN Cilandak Barat 03 dan 14 Pagi dibiasakan hidup sebagai pelaku ekonomi. Siswa harus menjalankan fungsi dirinya sebagai produsen, distributor dan konsumen. Perilaku ekonomi ini tidak dapat dibentuk dalam waktu singkat. Butuh sebuah proses panjang yang berupa pembiasaan sehingga siswa SDN Cilandak Barat 03 dan 14 Pagi yang menjadi pelaku ekonomi bisa terinternalisasi dalam dirinya. Kegiatan ekonomi adalah pembentukan watak. Sehingga siswa yang sudah terbiasa dengan perilaku ekonomi memiliki watak yang berkepribadian.

TRANSAKSI MANDIRI
Kegiatan Marketing Day menjadi alternatif program yang bisa digunakan sebagai sebuah kegiatan pembiasaan perilaku ekonomi. Siswa SDN Cilandak Barat 03 dan 14 Pagi dituntut untuk terbiasa berkreasi, berinovasi dan menjalankan kegiatan ekonomi. Mereka memproduksi/menjual suatu barang yang layak untuk dijual kepada teman, guru ataupun orang lain. Kemudian mereka juga mencoba menjual produk yang mereka punya. Di samping itu mereka juga membeli produk yang dijual oleh orang lain.

Pelaksanaannya sengaja rutin diadakan setiap semester satu kali karena yang esensi dari program ini adalah penanaman / pembentukan jiwa entrepreneur. Dalam melaksanakan kegitan siswa didampingi oleh guru atau wali kelas yang bertanggung jawab atas kelangsungan Marketing Day. Beberapa dari siswa yang dijadwalkan harus mempersiapkan produk yang akan dijual. Guru hanya bertugas sebagai pendamping yang menuntun dan mengarahkan serta memotivasi siswa untuk selalu menjalankan perannya.
KERJA SAMA DENGAN BRI "TABUNGAN JUNIOR"
Pihak yang terlibat dalam Markeing Day :

PENJELASAN BRI KEPADA CALON NASABAH
1.       Guru/wali kelas/ Komite Sekolah/Orang Tua bertugas sebagai manager yang menjadwal anak yang akan bertugas untuk memproduksi/menjual barang kemudian menjualnya. anak sebagai satu atau kelompok yang akan bertugas sebagai penjual.  Selain itu manager/distributor juga berkewajiban mengarahkan dan memberi masukan siswa tentang   barang- barang yang akan dijual. Siswa yang tidak mendapat tugas untuk menjual barang, berperan sebagai konsumen yang bebas membeli barang yang dijual pada acara  Marketing Day

2.       Penanggung jawab Marketing Day bertugas mengevaluasi pelaksanaan Marketing Day yang telah dilaksanakan.  Masukan diperoleh dari Guru/wali kelas/ Komite Sekolah/Orang Tua yang bertugas sebagai manager/distributor.  Evaluasi dilakukan pada akhir pelaksanaan kegiatan.

Pembelajaran melalui kegiatan Marketing Day


1.      Mengembangkan ide/gagasan :

-     Produk/barang apa yang akan dijual?

-     Siapa sasaran pembelinya?

-     Berapa harga yang akan dipatok agar laku terjual?

-     Berapa modal yang harus dikeluarkan?

-     Berapa keuntungan yang dapat diperoleh?

-     Bagaimana menata dagangan agar menarik konsumen/pembeli?

-     Apa yang harus dilakukan jika dagangan tidak laku terjual?


2.      Penjual dalam kegiatan marketing day:

Semua penjual adalah peserta didik/siswa

3.      Distributor:

Distributor adalah orang tua/komite/guru yang tidak langsung berhubungan dengan konsumen atau sebagai pengecer. Tugas distributor adalah memasok dagangan berdasarkan kebutuhan konsumen melalui pengecer.

4.      Jenis dagangan :

Produk/dagangan adalah jenis Kerajinan, makanan dan minuman sehat, makanan olahan (dianjurkan berbahan baku ikan) atau produk lain yang sesuai dan mendidik.

Waktu Pelaksanaan :
Marketing Day dilaksanakan pada Hari Kamis, 31 Oktober 2013 mulai pukul 07.00 WIB sampai selesai
Sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 85 dengan tema:

"GENERASI MUDA BERANI MANDIRI, BERWIRAUSAHA SEJAK DINI"